Biografi Ki Hajar Dewantara – Jagoan Indonesia





Biografiku.com – Biografi Ki Hajar Dewantara – Pahlawan Indonesia. Tokoh berikut ini dikenal sebagai pencetus pendidikan untuk masyarakat pribumi di Indonesia saat masih dalam masa penjajahan Kolonial Belanda. Tak heran dia dijuluki sebagai ‘Bapak Pendidikan Indonesia’



Biodata Ki Hajar Dewantara

 Tokoh berikut ini dikenal sebagai pencetus pendidikan untuk masyarakat pribumi di Indonesi Biografi Ki Hajar Dewantara – Pahlawan Indonesia


Nama Lengkap : Raden Mas Soewardi Soerjaningrat
Nama Panggilan : Ki Hadjar Dewantara
Lahir : Yogyakarta, 2 Mei 1889
Wafat : Yogyakarta, 26 April 1959
Agama : Islam
Orang Tua : Pangeran Soerjaningrat (Ayah), Raden Ayu Sandiah (ibu)
Saudara : Soerjopranoto
Istri : Nyi Sutartinah
Anak : Ratih Tarbiyah, Syailendra Wijaya, Bambang Sokawati Dewantara, Asti Wandansari, Subroto Aria Mataram. Sudiro Alimurtolo.


Biografi KI Hajar Dewantara

Beliau merupakan tokoh pendidikan indonesia dan juga seorang pendekar Indonesia. Mengenai biografi dan profil Ki Hajar Dewantara sendiri, dia terlahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soerjaningrat yang kemudian kita kenal sebagai Ki Hadjar Dewantara.


 Tokoh berikut ini dikenal sebagai pencetus pendidikan untuk masyarakat pribumi di Indonesi Biografi Ki Hajar Dewantara – Pahlawan Indonesia
Ki Hajar Dewantara Muda (liputan6.com)

Beliau sendiri lahir di Kota Yogyakarta, pada tanggal 2 Mei 1889, Hari kelahirannya kemudian diperingati setiap tahun oleh Bangsa Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional. Beliau sendiri terlahir dari keluarga Bangsawan.







Ia merupakan anak dari GPH Soerjaningrat, yang merupakan cucu dari Pakualam III. Terlahir sebagai aristokrat maka dia berhak memperoleh pendidikan untuk para kaum bangsawan.


Mulai Bersekolah

Dalam banyak buku mengenai Biografi Ki Hajar Dewantara, Ia pertama kali bersekolah di ELS yaitu Sekolah Dasar untuk belum dewasa Eropa/Belanda dan juga kaum bangsawan. Selepas dari ELS ia kemudian melanjutkan pendidikannya di STOVIA yaitu sekolah yang dibentuk untuk pendidikan dokter pribumi di kota Batavia pada masa kolonial Hindia Belanda.


Sekolah STOVIA kini dikenal sebagai fakultas kedokteran Universitas Indonesia. Meskipun bersekolah di STOVIA, Ki Hadjar Dewantara tidak hingga tanggapan alasannya yaitu ia menderita sakit saat itu.


Menjadi Wartawan

Ki Hadjar Dewantara cenderung lebih tertarik dalam dunia jurnalistik atau tulis-menulis, hal ini dibuktikan dengan bekerja sebagai wartawan dibeberapa surat kabar pada masa itu, antara lain, Sediotomo, Midden Java, De Expres, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Gaya penulisan Ki Hadjar Dewantara pun cenderung tajam mencerminkan semangat anti kolonial.


Sekiranya saya seorang Belanda, saya tidak akan menyelenggarakan pesta-pesta kemerdekaan di negeri yang telah kita rampas sendiri kemerdekaannya. Sejajar dengan jalan pikiran itu, bukan saja tidak adil, tetapi juga tidak pantas untuk menyuruh si inlander memperlihatkan dukungan untuk dana perayaan itu. Ide untuk menyelenggaraan perayaan itu saja sudah menghina mereka, dan kini kita keruk pula kantongnya. Ayo teruskan saja penghinaan lahir dan batin itu! Kalau saya seorang Belanda, hal yang terutama menyinggung perasaanku dan kawan-kawan sebangsaku ialah kenyataan bahwa inlander diharuskan ikut mengongkosi suatu acara yang tidak ada kepentingan sedikit pun baginya – Ki Hadjar Dewantara.


Tulisan tersebut kemudian menyulut kemarahan pemerintah Kolonial Hindia Belanda kala itu yang menjadikan Ki Hadjar Dewantara ditangkap dan kemudian ia diasingkan ke pulau Bangka dimana pengasingannya atas permintaannya sendiri.


Pengasingan itu juga mendapat protes dari rekan-rekan organisasinya yaitu Douwes Dekker dan Dr. Tjipto Mangunkusumo yang kini ketiganya dikenal sebagai ‘Tiga Serangkai’. Ketiganya kemudian diasingkan di Belanda oleh pemerintah Kolonial.







Masuk Organisasi Budi Utomo

 Tokoh berikut ini dikenal sebagai pencetus pendidikan untuk masyarakat pribumi di Indonesi Biografi Ki Hajar Dewantara – Pahlawan Indonesia

Berdirinya organisasi Budi Utomo sebagai organisasi sosial dan politik kemudian mendorong Ki Hadjar Dewantara untuk bergabung didalamnya, Di Budi Utomo ia berperan sebagai propaganda dalam menyadarkan masyarakat pribumi ihwal pentingnya semangat kebersamaan dan persatuan sebagai bangsa Indonesia.


Munculnya Douwes Dekker yang kemudian mengajak Ki Hadjar Dewantara untuk mendirikan organisasi yang berjulukan Indische Partij yang terkenal.


Di pengasingannya di Belanda kemudian Ki Hadjar Dewantara mulai bercita-bercita untuk memajukan kaumnya yaitu kaum pribumi. Ia berhasil mendapat ijazah pendidikan yang dikenal dengan nama Europeesche Akte atau Ijazah pendidikan yang bergengsi di belanda. Ijazah inilah yang membantu dia untuk mendirikan lembaga-lembaga pendidikan yang akan ia buat di Indonesia.


Di Belanda pula ia memperoleh efek dalam membuatkan sistem pendidikannya sendiri. Pada tahun 1913, Ki Hadjar Dewantara kemudian mempersunting seorang perempuan keturunan aristokrat yang berjulukan Raden Ajeng Sutartinah yang merupakan putri paku alaman, Yogyakarta.


Mengenai Biografi Ki Hajar Dewantara, Dari pernikahannya dengan R.A Sutartinah, dia kemudian dikaruniai dua orang anak berjulukan Ni Sutapi Asti dan Ki Subroto Haryomataram. Selama di pengasingannya, istrinya selalu mendampingi dan membantu segala acara suaminya terutama dalam hal pendidikan.


Kembali Ke Indonesia dan Mendirikan Taman Siswa

Kemudian pada tahun 1919, ia kembali ke Indonesia dan pribadi bergabung sebagai guru di sekolah yang didirikan oleh saudaranya. Pengalaman mengajar yang ia terima di sekolah tersebut kemudian digunakannya untuk menciptakan sebuah konsep gres mengenai metode pengajaran pada sekolah yang ia dirikan sendiri pada tanggal 3 Juli 1922, sekolah tersebut berjulukan Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa yang kemudian kita kenal sebagai Taman Siswa.


Di usianya yang menanjak umur 40 tahun, tokoh yang dikenal dengan nama orisinil Raden Mas Soewardi Soerjaningrat resmi mengubah namanya menjadi Ki Hadjar Dewantara, hal ini ia maksudkan biar ia sanggup bersahabat dengan rakyat pribumi saat itu.







Semboyan Ki Hadjar Dewantara

Ia pun juga menciptakan semboyan yang populer yang hingga kini digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia yaitu :


  • Ing ngarso sung tulodo (di depan memberi contoh).

  • Ing madyo mangun karso, (di tengah memberi semangat).

  • Tut Wuri Handayani, (di belakang memberi dorongan).

Penghargaan Pemerintah Kepada Ki Hadjar Dewantara

 Tokoh berikut ini dikenal sebagai pencetus pendidikan untuk masyarakat pribumi di Indonesi Biografi Ki Hajar Dewantara – Pahlawan Indonesia

Selepas kemerdekaan Bangsa Indonesia pada tahun 1945, Ki Hadjar Dewantara kemudian diangkat oleh Presiden Soekarno sebagai Menteri pengajaran Indonesia yang kini dikenal dengan nama Menteri Pendidikan. Berkat jasa-jasanya, ia kemudian dianugerahi Doktor Kehormatan dari Universitas Gadjah Mada.


Selain itu ia juga dianugerahi gelar sebagai Bapak Pendidikan Nasional dan juga sebagai Pahlawan Nasional oleh presiden Soekarno saat itu atas jasa-jasanya dalam merintis pendidikan bangsa Indonesia. Selain itu, pemerintah juga menetapkan tanggal kelahiran dia yakni tanggal 2 Mei diperingati setiap tahun sebagai Hari Pendidikan Nasional.


Ki Hadjar Dewantara Wafat pada tanggal 26 April 1959 di Yogyakarta dan dimakamkan di Taman Wijaya Brata. Wajah dia diabadikan pemerintah kedalam uang cuilan sebesar 20.000 rupiah.










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Dan Profil Ny. Rakhmat Sulistio – Pendiri Jamu Sido Muncul

Biografi Douwes Dekker – Tokoh Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Biografi Cristóbal Balenciaga – Desainer Terhebat Dibalik Produk Balenciaga