Biografi Alan Turing – Profil ‘Bapak Ilmu Komputer’ Dan Penemu Komputer Modern

Biografiku.com – Biografi Alan Turing. Pria asal Inggris ini tidak sanggup dipisahkan sejarah perkembangan teknologi komputer. Beliau dikenal sebagai tokoh yang berperan besar dalam perkembangan pioner awal terciptanya komputer modern digital pertama dan dikenal sebagai ‘Bapak Ilmu Komputer’. Berikut kami sajikan Profil dan Biografi dari Alan Turing.


Biografi Alan Turing

 Pria asal Inggris ini tidak sanggup dipisahkan sejarah perkembangan teknologi komputer Biografi Alan Turing – Profil ‘Bapak Ilmu Komputer’ dan Penemu Komputer ModernNama lengkap dia yakni Alan Mathison Turing yang dilahirkan di London pada tanggal 23 juni 1912. Ia merupakan anak kedua dari pasangan Julius Mathison Turing dan Ethel Sara Stoney.  Ia mempunyai seorang abang pria berjulukan John. F Turing.


Ayah Alan Turing yakni Julius Mathison Turing bekerja sebagai pegawai pelayanan sipil di India ketika India masih dalam penjajahan Inggris. Ibunya sendiri yakni Ethel Sara Stoney merupakan anak dari pegawai kereta api.


Ketika mengandung Alan Turing, orang tuanya menghendaki biar Alan Turing lahir di Inggris oleh lantaran itu mereka kemudian kembali ke Inggris.


Masa Kecil Alan Turin

Dalam Biografi Alan Turing diketahui bahwa ketika Alan Turing berusia enam tahun, ia kemudian masuk sekolah dasar St. Michael, dan di sekolah tersebut, Alan Turing mulai mengambarkan kejeniusannya dan membuat kepala sekolahnya kagum akan kejeniusan Alan Turing kecil.


Di usia remaja, ia sudah banyak membaca karya-karya dari Albert Einstein dan kemudian mulai menaruh minatnya di bidang ilmu alam dan matematika.


Dan di tahun 1926, Alan Turing kemudian masuk di Sherbone School. Lulus dari Sherbone School, Alan Turin kemudian melanjutkan pendidikannya dengan kuliah di Cambridge University di jurusan Matematika pada tahun 1931.


Alan Turing terpengaruh goresan pena Von Neumann, Russell dan Whitehead mengenai matematika dan sains dan di kampusnya ia aktif dalam gerakan damai.


Membuat ‘Turing Machine

Di tahun 1930, Alan Turing berhasil membuat sebuah mesin berjulukan ‘Turing Machine‘ atau Mesin Turin yaitu sebuah mesin yang sanggup menjalankan sekumpulan perintah sederhana yang kemudian menjadi cikal bakal dari komputer modern.


 Pria asal Inggris ini tidak sanggup dipisahkan sejarah perkembangan teknologi komputer Biografi Alan Turing – Profil ‘Bapak Ilmu Komputer’ dan Penemu Komputer ModernDikutip dari buku The History of Psychology karya George Boerre, Mesin buatan Turing yakni sebuah alat yang bisa mengubah dan memanipulasi basic simbol abstrak.


Mesinnya terdiri dari pita yang sanggup dipakai untuk membaca dan menulis simbol pada pita mesin turing tersebut, dan juga sanggup mengakibatkan pita tersebut sebagai daerah penyimpanan.


Akan tetapi, mesin turing tidak terbatas pada operasi push dan pop ketika mengakses media penyimpanannya. Alan Turin juga membuat konsep-konsep ilmu komputer walaupun ketika itu masih belum dikenal.


Di tahun 1934, Alan Turing kemudian lulus dari Cambridge University dan berkat kecerdasannya dan juga prestasinya, ia kemudian mendapat beasiswa dari Universitas Princeton di Amerika Serikat untuk menempuh gelar doktornnya dan berhasil menyelesaikannya di tahun 1936.


Membuat Mesin Pemecah Kode Enigma ‘Colossus’ dan ‘The Bombe’

Selesai menempuh pendidikannya, Alan Turin kemudian kembali ke Inggris dan bekerja di Departemen Komunikasi Britania Raya. Ketika Perang Dunia II berkecamuk tahun 1939 sampai 1945, ia ditugaskan untuk memecahkan informasi yang terdapat di mesin Enigma (Mesin Enkripsi) buatan Nazi Jerman.


 Pria asal Inggris ini tidak sanggup dipisahkan sejarah perkembangan teknologi komputer Biografi Alan Turing – Profil ‘Bapak Ilmu Komputer’ dan Penemu Komputer ModernPihak kerajaan Inggris ketika itu melalui tim ilmuwannya sudah merancang sebuah komputer berjulukan ‘Colossus Computer‘ untuk membantu memecahkan informasi yang terenkripsi dari pihak Nazi Jerman. Collosus Computer di buat oleh Tommy Flowers dengan desain dari Alan Turing.


Tak butuh waktu lama, Alan Turing kemudian berhasil memecahkan kode-kode yang terdapat dalam mesin Enigma dengan membuat sebuah mesin pemecah instruksi (code breaker) Enigma lain yang diberi nama ‘The Bombe‘ yang di ciptakan pada tahun 1939 oleh Alan Turing.


Pioner Terciptanya Komputer Digital

Dalam film berjudul ‘The Imitation Game’ nama mesin yang dibentuk Alan Turing berjulukan ‘Cristopher’ namun nama bahu-membahu dari mesin pemecah instruksi enigma buatan Alan Turing yakni The Bombe. Mesin inilah yang kemudian menjadi pioner awal menuju kala komputer digital.


Dalam Biografi Alan Turing diketahui bahwa jasanya yang sangat besar bagi negaranya membuat ia kemudian dianugerahi sebagai hero perang. Usai perang dunia, Alan Turing kemudian menerbitkan sebuah paper ilmiah yang berjudul ‘Computing Machinery and Intelligence‘.


Dalam tulisannya tersebut ia mengajukan sebuah metode apakah sebuah mesin juga mempunyai ‘Artificial Intelligence‘ layaknya otak insan yang kemudian usulannya tersebut dikenal dengan nama ‘Tes Turing‘.


Selama hidupnya, Alan Turing berusaha keras biar mesin ciptaannya yaitu Mesin Turin sanggup menjadi mesin komputer otomatis di National Physical Laboratory namun hal tersebut tidak pernah tercapai.


Ia kemudian pindah ke University of Manchester dan kemudian disana ia membuat panduan untuk mesin komputer otomatis MADAM (Manchester Automatic Digital Machine).


Akhir Hidup Alan Turing

Kemudian di 1954, Alan Turing mendapat masalah, ia ditangkap polisi setempat dengan tuduhan melaksanakan korelasi seksual dengan seorang cowok dimana hal tersebut dihentikan di Inggris. Alan Turin kemudian dieksekusi dengan disuntik estrogen dengan tujuan menetralisasi hormonnya.


Akibat insiden tersebut, reputasinya menjadi hancur dan ia kemudian kehilangan pekerjaannya sesudah banyaknya tekanan dari publik lantaran ia diketahui sebagai seorang Gay (Homoseksual).


Tekanan yang terus menerus dari publik membuat Alan Turin kemudian memutuskan untuk bunuh diri dengan memakan apel yang mengandung racun sianida di rumah yang berada di wilayah Wislow, Inggris pada tanggal 7 juni 1954. Pria asal Inggris ini tidak sanggup dipisahkan sejarah perkembangan teknologi komputer Biografi Alan Turing – Profil ‘Bapak Ilmu Komputer’ dan Penemu Komputer Modern


Kelakuannya sebagai homoseksual membuat kerajaan Inggris tidak menunjukkan pengampunan meskipun reputasinya sebagai hero perang dan seorang ilmuwan yang terkenal di Inggris.


Bapak Ilmu Komputer

Baru pada tahun 2013, Ratu Elizabeth mengampuni dirinya sesudah kematiannya 60 tahun yang lalu. Terlepas dari prilaku Alan Turing, samapi ketika ini ia dikenal sebagai tokoh penting dalam perkembangan komputer digital dan ilmu komputer sehingga ia dijuluki sebagai ‘Bapak Ilmu Komputer’.


Kepopuleran Alan Turing membuat beberapa produser kemudian mengangkat cerita hidupnya di menjadi sebuah film menyerupai ‘The Imitation Game’, ‘Codebreaker’, ‘Decoding Alan Turing’ dan ‘Breaking The Code’.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Biografi Douwes Dekker – Tokoh Pejuang Kemerdekaan Indonesia

Profil Dan Biografi Ustadz Hanan Attaki – Pendiri Cowok Hijrah

Biografi Cristóbal Balenciaga – Desainer Terhebat Dibalik Produk Balenciaga